Tak Perlu Pergi Jauh, Ini 3 Tempat Berlibur Tahun Baru di Kota Banjarmasin

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Libur tahun baru menjadi waktu yang cocok untuk melepas penat dari segala aktivitas rutin sehari-hari.

Namun, jarak yang jauh dan akses jalan menuju tempat wisata yang macet sering kali menjadi hal yang tidak disukai ketika berlibur ke luar daerah.

Bagi warga Banjarmasin yang malas berlibur ke luar kota, berikut tempat wisata di kota Banjarmasin yang bisa dikunjungi saat libur tahun baru versi Kanalkalimantan.com

Baca juga: Cerita Sejarah dari Tugu Nol Kilometer Banjarbaru, Ada Tim Sembilan Penggagas Awal Gunung Apam Menjadi Kota Administratif

1. Susur Sungai Martapura di Siring Banjarmasin

Menghabiskan waktu libur tahun baru di Kota Banjarmasin dengan berwisata menyusuri Sungai Martapura menjadi pilihan yang pas.

Di kawasan wisata Siring Kota Banjarmasin misalnya, terdapat dua dermaga yang bisa dipilih jika ingin susur sungai, yaitu dermaga Siring Menara Pandang atau dermaga Patung Bekantan. Keduanya tersedia puluhan klotok yang dapat membawa wisatawan menyusuri Sungai Martapura.

Ada beberapa pilihan rute susur Sungai Martapura dari yang paling dekat hingga paling jauh.

Rute yang disediakan meliputi Siring – Pasar Lama Antasari, kemudian Siring – Kampung Hijau, Siring – Pasar Terapung Lok Baintan, Lalu Siring – Pulau Kembang, dan paling jauh Siring – Pulau Bakut atau Jembatan Barito.

Biaya untuk rute Pasar Lama Antasari hanya Rp5 ribu per orang atau jika berombongan Rp125 ribu, untuk rute ke Kampung Hijau Rp10 ribu per orang atau Rp230 jika naik klotok secara rombongan.

Kemudian untuk rute jarak jauh seperti Pasar Terapung Lok Baintan dan Pulau Kembang naik berombongan biaya sebesar Rp450 ribu.

“Kalau naik per orang Rp35 ribu ke Pulau Kembang,” kata Jamhuri, salah seorang jumu mudi klotok wisata susur sungai.

Sementara untuk rute paling jauh yaitu susur sungai menuju Pulau Bakut atau Jembatan Barito berombongan dikenakan biaya Rp600 ribu.

“Wisatawan biasanya banyak naik klotok saat akhir pekan atau tanggal merah,” pungkasnya.

Baca juga: Dua Motor Matic Tabrakan di Kawasan Perkantoran Gubernur Kalsel, Begini Kronologisnya

2. Taman Kamboja Banjarmasin

Tempat wisata RTH Taman Kamboja Banjarmasin. Foto: rizki

Ruang Terbuka Hijau (RTH) menjadi salah satu tempat yang cocok untuk menikmati liburan di tahun baru.

Di tengah Kota Banjarmasin terdapat sebuah taman dengan sebutan Taman Kamboja Banjarmasin. Lokasinya berada di sisi Jalan Anang Adenansi Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin.

Setiap pengunjung tak dikenakan biaya masuk alias gratis. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya parkir kendaraan Rp2 ribu untuk roda dua dan Rp3 ribu untuk roda empat.

Dengan area luas dan ditumbuhi pohon-pohon rindang, menjadikan RTH Kamboja Banjarmasin nyaman dijadikan tempat bersantai baik bersama keluarga.

Sejumlah fasilitas bermain tersedia di Taman Kamboja, mulai untuk orang dewasa hingga anak-anak.

Salah seorang pengelola sekaligus penjaga taman, Said mengatakan belum lama tadi telah dilakukan renovasi Taman Kamboja berupa penambahan fasilitas dalam menyambut libur tahun baru.

Salah satu yang direnovasi yaitu area taman bermain khusus anak-anak yang sudah dilengkapi dengan karpet rumput sintetis serta penambahan fasilitas bermain anak.

“Penerangan juga sudah diperbaiki dan kolam sudah dibersihkan,” kata Said.

Khusus perayaan tahun baru, Pemko Banjarmasin juga dikatakan kembali mengoperasikan air mancur menari yang berada di Taman Kamboja.

Pengoperasiannya dilakukan dua kali dalam seminggu dengan jam penayangan pukul 20.00 Wita dan 21.00 Wita.

3. Jembatan Gantung Pulau Bromo

Lokasi wisata Jembatan Gantung Pulau Bromo Banjarmasin. Foto: rizki

Berlokasi di kawasan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan, jembatan gantung Pulau Bromo menjadi tempat cukup rekomendasi untuk dikunjungi saat berlibur.

Meski berada di pinggiran kota, jarak dari pusat kota Banjarmasin menuju jembatan Pulau Bromo tak terlalu jauh, yaitu hanya sekitar 10 kilometer.

Pengunjung pun tak dikenakan tiket masuk alias gratis. Hanya biaya parkir kendaraan Rp2 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp3 ribu untuk kendaraan roda empat.

Jembatan gantung Pulau Bromo memliki panjang 164 meter dan lebar 2,15 meter, dengan kontruksi jalan naik jembatan yang melingkar bak rollercoaster.

Ketika berada di atas jembatan, wisawatan akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dari ketinggian sekitar 15 meter.

Dua aliran sungai yang dipisahkan oleh pulau Bromo yaitu sungai Barito dan sungai Martapura terlihat jelas dari pandangan mata.

Waktu yang cocok untuk pergi ke jembatan Pulau Bromo yaitu pada sore hari terutama jelang matahari terbenam untuk menyaksikan sunset.

Itulah tiga dari sekian banyak tempat rekomendasi wisata di Kota Banjarmasin. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie

Artikel Tak Perlu Pergi Jauh, Ini 3 Tempat Berlibur Tahun Baru di Kota Banjarmasin pertama kali tampil pada Kanal Kalimantan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Longsor Tambang Emas Kotabaru: 11 Orang Meninggal Dunia, 2 Jasad Masih Dicari 

Pemkab Tanbu Apel Peringatan HUT ke-51 Korpri, Ini Pesan Sekda Ambo Sakka 

Berkas Perkara Dilimpahkan KPK, Mardani H Maming Segera Disidangkan di Pengadilan Tipikor Banjarmasin