Sukses Turunkan Kasus DBD, Penyebaran Nyamuk Wolbachia Dipastikan Aman

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memastikan penyebaran telur nyamuk wolbachia adalah untuk mengantisipasi penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Hal ini juga diketahui telah sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Kesehatan Nomor 1341 tahun 2022.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kalsel, dr Diauddin mengharapkan, program nyamuk wolbachia menjadi salah satu upaya menekan kasus DBD di wilayah Indonesia, salah satunya Kalsel.

Saat ini, penyebaran nyamuk tersebut di Kalsel belum dilakukan, namun pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Baca juga: Kampanye Dimulai, Politik Uang di Medsos Bermodus Give Away

“Program wolbachia ini lah yang dipakai untuk mengurangi peningkatan kasus DBD, dan ini sukses seperti di Yogyakarta menurunkan angka kematian, kemudian diperluas lagi hingga ke Sleman, Bantul dan sekitarnya,” kata Diaduddin.

Dirinya menilai, program nyamuk wolbachia ini terbukti efektif menurunkan tingkat DBD di beberapa wilayah. Seperti kota yang mengimplementasikan inovasi ini salah satunya adalah Yogyakarta.

Penelitian dan implementasi wolbachia di wilayah itu dinilai sukses karena mampu menurunkan angka kematian dari kasus DBD.

Lebih lanjut ia menuturkan, masyarakat tidak perlu khawatir karena program nyamuk wolbachia ini telah teruji hasilnya dinyatakan aman dan berhasil.

Baca juga: Robohnya Paru-Paru Dunia dan Lumbung Pangan, Jika Masyarakat Dayak Abai Eksplorasi di Bumi Borneo

Sebab, gigitan nyamuk wolbachia disebut hanya membuat bentol di kulit manusia, tetapi tidak ada efek bahaya pada kelanjutannya.

Adapun cara kerja nyamuk wolbachia disebut dapat membawa bakteri yang bisa menekan virus demam berdarah, zika, chikungunya hingga demam kuning.

“Secara umum ada dua teknik, pertama menyebarkan nyamuk jantan yang sudah terinfeksi virus Wolbachia, hasilnya mengurangi populasi nyamuk karena kalau kawin telurnya  tidak bisa menetas,” jelas dokter Dia -biasa disapa-.

Kedua kata dia, dengan menyebar nyamuk jantan dan betina keduanya, yang mana jika nyamuk betina itu bertelur maka ia menetaskan nyamuk yang mengandung virus wolbachia.

Baca juga: Explore Karts South Borneo II MPAF di Gua Baramban, Eksotisme Kawasan Karts yang Terhimpit Konsesi Tambang  

“Jika nyamuk wolbachia hidup maka keuntungannya selain mengurangi populasi tetapi juga menggantikan virus demam berdarah yang tidak bisa hidup di tubuh nyamuk itu,” sambung dia.

Meski begitu, implementasi wolbachia ini bukan berarti menggantikan seluruh upaya pencegahan DBD yang ada.

Di samping itu juga langkah-langkah pengendalian DBD sebelumnya juga tetap dijalankan, seperti 3M (menguras, menutup, dan mengubur), hingga fogging sesuai indikasinya. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor: bie

Artikel Sukses Turunkan Kasus DBD, Penyebaran Nyamuk Wolbachia Dipastikan Aman pertama kali tampil pada Kanal Kalimantan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Longsor Tambang Emas Kotabaru: 11 Orang Meninggal Dunia, 2 Jasad Masih Dicari 

Pemkab Tanbu Apel Peringatan HUT ke-51 Korpri, Ini Pesan Sekda Ambo Sakka 

Berkas Perkara Dilimpahkan KPK, Mardani H Maming Segera Disidangkan di Pengadilan Tipikor Banjarmasin