Kemenparekraf Dorong Perajin Sasirangan Banjarbaru Gunakan Pewarna Alam

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI melakukan survei pelaku usaha dari inkubasi perajin kain sasirangan di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Ketua Pokja Kriyawastra Kemenparekraf RI Dedi, yang melakukan survei langsung mengungkapkan kualitas kain sasirangan di Banjarbaru sudah ada peningkatan.

“Secara warna dan motif sudah ada peningkatan, harapan kami sesuai dengan tren saat ini kita arahkan kain sasirangan ini menggunakan warna alam, dan bisa jadi tren baru di Banjarbaru dan Kalsel,” katanya saat melakukan survei di Dekranasda Creative Hub, Mess L Banjarbaru, Selasa (27/6/2023) siang.

Baca juga: 111 PPPK Guru Dilantik, Ini Pesan Pj Bupati HSU

Dedi berharap, para perajin yang akan mengikuti program inkubasi, bisa mendapatkan ilmu dan wawasan baru.

“Harapan kami para perajin setelah mengikuti inkubasi, bisa mendapatkan ilmu, menambah wawasan, naik level, dan juga memberikan dampak positif di sekitarnya,” imbuhnya.

Kemenparekraf RI melakukan survei pelaku usaha dari inkubasi perajin kain sasirangan di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Foto: medcenbjb

Program inkubasi perajin kain sasirangan di Banjarbaru merupakan inisiatif dari Kemenparekraf RI bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pelatihan kepada perajin kain sasirangan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan para perajin serta memperluas pasar dan jaringan distribusi untuk produk kain sasirangan.

Baca juga: Metode Mulsa Tanpa Olah Tanah, Petani Ibu Kota Panen Raya Padi Lokal

Selain peningkatan kualitas dan akses pasar, program inkubasi juga memberikan dampak positif dalam aspek ekonomi. Para perajin diharapkan mampu meningkatkan harga jual produk mereka dan memperoleh pendapatan yang lebih baik, yang pada akhirnya memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan dan keberlanjutan usaha mereka.

Sekadar diketahui, program inkubasi perajin kain sasirangan direncanakan bergulir pada awal bulan Agustus 2023. (Kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : kk

Artikel Kemenparekraf Dorong Perajin Sasirangan Banjarbaru Gunakan Pewarna Alam pertama kali tampil pada Kanal Kalimantan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Longsor Tambang Emas Kotabaru: 11 Orang Meninggal Dunia, 2 Jasad Masih Dicari 

Pemkab Tanbu Apel Peringatan HUT ke-51 Korpri, Ini Pesan Sekda Ambo Sakka 

Berkas Perkara Dilimpahkan KPK, Mardani H Maming Segera Disidangkan di Pengadilan Tipikor Banjarmasin