315 Putra Putri Banjarbaru Ikuti Rikmin Awal Penerimaan Polri 2023

KANALKALIMATAN.COM, BANJARBARU – Ratusan putra dan putri Kota Banjarbaru mengikuti pemeriksaan administrasi (Rikmin) awal penerimaan terpadu Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara dan Tamtama Polri di aula Joglo Polres Banjarbaru, Jumat (28/4/2023) pagi.

Rikmin awal di markas Polres Banjarbaru dibagi menjadi 3 hari, 26-28 April 2023.

Kepala Bagian (Kabag) SDM Polres Banjarbaru, Kompol Erli Yanto Purnama Jaga mengatakan, penerimaan Polri sudah dibuka mulai tanggal 4 – 17 April 2023 secara serentak di seluruh Indonesia, mulai dari Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama Polri.

Jauh sebelum penerimaan tersebut, Polres Banjarbaru sudah melakukan sosialisasi di berbagai tempat, dari sekolah, lingkungan masyarakat hingga lingkungan pemerintahan.

Baca juga:  Ada Senpi Jenis Pistol dari Tiga Pelaku Pembakar Mobil Anggota DPRD Kalsel 

“Rikmin awal penerimaan Polri di Polres Banjarbaru ada 315 orang,” ujarnya.

Dirincikan Kompol Erli, Akpol ada 13 orang, Bintara Polri tugas umum ada 279, Bintara Brimob ada 8 orang, Bintara Kompetisi Khusus Tenaga Kesehatan (Nakes) ada 1 orang dan Tamtama Brimob ada 13 orang.

Disebutkan Kompol Erli, 315 orang ini mengikuti Rikmin awal dari pemeriksaan tinggi badan, berat badan, hingga pemeriksaan berkas.

Dalam Rikmin awal ini, Polres Banjarbaru bekerjasama dengan Disdukcapil Banjarbaru dan Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru terkait domisili para peserta dari keterangan kartu keluarga, domisili tempat tinggal hingga ijazah peserta.

“Jadi Disdukcapil dan Disdik Banjarbaru yang melakukan pemeriksaan domisili dan ijazah peserta,” katanya.

Setelah itu, berkas peserta akan dikumpulkan untuk diseleksi. Hasilnya, yang lolos akan mengikuti seleksi tingkat daerah di Polda Kalimantan Selatan.

Baca juga: Perburuan Tahanan Polres Tapin yang Kabur Disayembarakan, Polisi Siapkan Hadiah

Dibeberkan Kompol Erli, di Polda Kalsel nantinya para peserta yang lolos Rikmin awal akan mengikuti seleksi kembali seperti pemeriksaan kesehatan, kesamaptaan jasmani, tes akademik hingga tes psikologi.

“Nanti di sana (Polda Kalsel) ada beberapa tahapan seleksi,” bebernya.

Kompol Erli menyampaikan bahwa doa dan usaha dari diri sendiri merupakan kunci keberhasilan yang utama, serta doa dan izin dari orangtua adalah dukungan yang tak ternilai karena menjadi anggota Polri tidaklah segampang dalam pemahaman.

Selain itu, menjadi anggota Polri tentunya harus punya rasa kemanusian yang tinggi untuk dapat memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta menegakkan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Tanamkan prinsip percaya pada kemampuan diri sendiri,” pungkasnya.(Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter: ibnu
Editor: bie

Artikel 315 Putra Putri Banjarbaru Ikuti Rikmin Awal Penerimaan Polri 2023 pertama kali tampil pada Kanal Kalimantan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Longsor Tambang Emas Kotabaru: 11 Orang Meninggal Dunia, 2 Jasad Masih Dicari 

Pemkab Tanbu Apel Peringatan HUT ke-51 Korpri, Ini Pesan Sekda Ambo Sakka 

Berkas Perkara Dilimpahkan KPK, Mardani H Maming Segera Disidangkan di Pengadilan Tipikor Banjarmasin