Ini Lokasi-lokasi Haul ke-3 Guru Zuhdi di Banjarmasin, Keluarga Hanya Menggelar Sekali di Kubah

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Pelaksanaan Haul ke-3 Al’alimul Al’allamah KH Ahmad Zuhdiannor atau Guru Zuhdi digelar malam 9 Ramdhan 1444 hijriyah. Selain pelaksanaan di Kubah, ternyata Haul Guru Zuhdi juga dilaksanakan sejumlah masjid yang ada di Kota Banjarmasin.

Informasi yang diperoleh Kanalkalimantan.com pada akun Instagram @berkat.ulama.tanah.banjar, setidaknya ada 5 lokasi pelaksanaan haul Guru Zuhdi di Kota Banjarmasin selama bulan Ramadhan 1444 hijriyah ini.

Pertama, haul diselenggarakan di Kubah Guru Zuhdi, kawasan Masjid Jami Sungai Jingah Banjarmasin pada 9 Ramadhan atau Kamis (30/3/2023) malam ini, setelah shalat tawarih.

Haul ini diselenggarakan langsung oleh keluarga dan Yayasan Majta terbuka untuk umum berdasarkan surat pemberitahuan Nomor 021/YMT-BJM/III/2023 beberapa waktu lalu.

 

Baca juga: Besok Malam Haul ke-3 Guru Zuhdi, Bisa Menampung hingga 21 Ribu Orang

Kemudian malam 11 Ramadhan, Masjid Ar Raudhah Banjarmasin juga menggelar haul Guru Zuhdi. Berikutnya malam 13 Ramadhan bertempat di Mushola Darul Iman.

Kemudian malam 15 Ramadhan bertempat di Masjid Sabilal Muhtadin, dan pada malam 18 Ramadhan Masjid Jami Sungai Jingah Banjarmasin juga menggelar haul.

Terlepas pelaksanaan haul yang digelar di beberapa tempat, Ketua Yayasan Majta H Muhammad Nidauddin mengatakan, jika pihak keluarga hanya melaksanakan peringatan haul satu kali di kubah.

Ketua Yayasan Majta H Muhammad Nidauddin. Foto: rizki  

“Haulnya satu kali saja malam Jumat, tepatnya 9 Ramadhan sekitar pukul 21.00 Wita,” katanya kepada Kanalkakalimantan.com, Rabu (29/3/2023).

Acara haul yang terbuka untuk umum itupun menurutnya tidak ada undangan khusus untuk pejabat atau pihak tertentu. Yayasan Majta hanya menyampaikan pelaksanaan haul dalam bentuk surat pemberitahuan.

Namun, Ketua Yayasan Majta ini mengatakan kalaupun ada para habaib yang datang maka pihaknya atas permintaan keluarga akan menyediakan jalur khusus untuk masuk ke area haul.

“Kami dari Yayasan Majta tidak mengetahui siapa saja yang diundang, tapi mungkin nanti para habaib kita sediakan jalur VIP untuk masuk ke dalam,” bebernya.

Baca juga: Banjarbaru Ramadhan Festival Abai soal Imbauan Waktu Tutup Lapak

Pelaksanaan haul di Kubah Guru Zuhdi, panitia telah menyiapkan lokasi jauh hari yang dapat menampung lebih dari 20 ribu jemaah.

Selain itu, Nidauddin mengatakan para relawan dan keluarga juga menyediakan setidaknya 24 ribu konsumsi yang akan diberikan kepada jamaah haul. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie

Artikel Ini Lokasi-lokasi Haul ke-3 Guru Zuhdi di Banjarmasin, Keluarga Hanya Menggelar Sekali di Kubah pertama kali tampil pada Kanal Kalimantan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Longsor Tambang Emas Kotabaru: 11 Orang Meninggal Dunia, 2 Jasad Masih Dicari 

Pemkab Tanbu Apel Peringatan HUT ke-51 Korpri, Ini Pesan Sekda Ambo Sakka 

Berkas Perkara Dilimpahkan KPK, Mardani H Maming Segera Disidangkan di Pengadilan Tipikor Banjarmasin