Nasib Pasar Laura yang Tak Diminati Pedagang

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Tak ada aktivitas jual beli hingga kini di Pasar Laura, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru ambil berbagai cara hidupkan pasar di Jalan Sukamara, Kelurahan Landasan Ulin Utara, Kecamatan Liang Anggang, agar tak jadi sia-sia.

Upaya melakukan pendataan masyarakat dan membujuk pedagang yang berjualan ke dalam Pasar Laura hingga menggratiskan retribusi lapak, tidak juga diminati pedagang.

Teranyar, Pemko Banjarbaru melalui Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru kembali mencoba meminta pedagang maupun petani menjadikan Pasar Laura menjadi sentra pasar sayur.

Disdag Banjarbaru siap memfasilitasi jika para pedagang menginginkan perubahan lapak di bangunan pasar tersebut.

 

Baca juga: Diduga Cekcok, Suami Habisi Istri Sendiri di Sukamara

Kepala Bidang Pasar Disdag Banjarbaru, Heryfani mengatakan, pihaknya mengupayakan untuk menghidupkan pasar tersebut, meminta kepada para pedagang yang berjualan di lokasi lama yang tidak jauh dari Pasar Laura.

“Terus kita upayakan, sudah koordinasi dengan DKP3 Banjarbaru mencoba menjadikan Pasar Laura menjadi sentra pasar sayur,” ujarnya, Senin (27/2/2023).

Kepala Bidang Pasar Disdag Banjarbaru, Heryfani. Foto: ibnu

Kerap kali pihaknya meminta para pedagang untuk berjualan di Pasar Laura, tapi pedagang kembali berjualan di lokasi pasar lama.

Hasil dari pendataan itu kata Hery, pasar tersebut terisi, namun hanya hitungan bulan para pedagang kembali keluar dari bangunan pasar.

Padahal pihaknya mewujudkan permintaan para pedagang dari luar pasar hingga ada rencana dari para pedagang untuk membuka pasar malam.

Baca juga: Banjir Meluas, Bupati Banjar Naikkan Status Siaga Menjadi Darurat Banjir

Dalam waktu dekat ini, kata Hery, pihaknya kembali akan memanggil para pedagang, jika usaha ini masih tetap seperti sebelumnya kata Hery, pihaknya tidak memaksakan keinginan para pedagang.

Disinggung terkait pasar yang ada tidak jauh dari Pasar Laura, diakui Hery pihaknya tidak bisa menertibkan pasar tersebut. Hal ini dikarenakan pasar tersebut berada pada lahan pribadi.

“Seandainya di badan jalan itu bisa kita tertibkan, kalau di lahan pribadi itu tidak bisa kita tertibkan,” akunya.

Lebih jauh, diungkapkan Hery, Disdag memiliki wacana, jika pedagang ingin mengubah bangunan fisik Pasar Laura untuk menyesuaikan kebutuhan bagi pedagang.

“Pemko siap merubah fisiknya, namun mereka harus ada kepastian untuk mengisi, jangan sampai ketika diperbaiki mereka tidak mengisi lapak pasar,” ungkapnya.

Baca juga: Gelapkan Motor Gadaian, Lelaki di Banjarmasin Dibekuk Polisi

Dirinya memastikan keadaan Pasar Laura akan dilakukan perawatan baik dari infrastruktur dan kebersihan pasar guna membuat kesan nyaman bagi pedagang dan pembeli.

“Ini bisa dilakukan jika mereka pasti berjualan di Pasar Laura,” tekannya. (Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter: ibnu
Editor: bie

Artikel Nasib Pasar Laura yang Tak Diminati Pedagang pertama kali tampil pada Kanal Kalimantan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Longsor Tambang Emas Kotabaru: 11 Orang Meninggal Dunia, 2 Jasad Masih Dicari 

Pemkab Tanbu Apel Peringatan HUT ke-51 Korpri, Ini Pesan Sekda Ambo Sakka 

Berkas Perkara Dilimpahkan KPK, Mardani H Maming Segera Disidangkan di Pengadilan Tipikor Banjarmasin